Rabu, 22 Februari 2017

3 BAGIAN UTAMA PROCESSOR DAN FUNGSINYA

Cpu adalah, Processor adalah, Central processor unit adalah, Bagian utama processor, 3 bagian utama processor, Alu adalah, MU adalah


Siapa yang tidak mengenal namanya processor? apalagi yang setiap hari bergelut dengan teknologi pastilah dengan nama processor sudah tidak asing lagi, pada halaman artikel ini akan membahas topik mengenai processor secara singkat. CPU (Central Processor Unit) atau disebut Processor adalah salah satu komponen utama dari rangkaian sebuah komputer dan jika tanpa processor maka sebuah komputer tidak akan berjalan karena processor adalah otak utama dalam komputer. Umumnyapengertian processor adalah sebuah papan IC yang yang bertugas mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak komputer dengan fungsi melakukan perhitungan dan menjalankan tugas.

Pada  peocessor terdapat IC ( Integrated Circuit ). IC  adalah komponen elektronik aktif yang terdiri dari gabungan ratusan, ribuan, bahkan jutaan Transistor, Resistor, Dioda dan Kapasitor yang terintegrasi menjadi satu dalam papan kecil. 

Processor terletak pada papan motherboard dan pemilihan processor harus sesuai dengan socket processor yang tertanam pada motherboard karena setiap motherboard terancang dengan sebuah processor yang berbeda baik dalam type maupun spesifikasinya.
Cpu adalah, Processor adalah, Central processor unit adalah, Bagian utama processor, 3 bagian utama processor, Alu adalah, MU adalah
Merk prosesor yang banyak beredar dipasaran adalah Intel, AMD, Apple, Cyrix VIA, IBM, dan IDT. Salah satu yang sangat besar pengaruhnya terhadap kecepatan komputer tergantung dari jenis dan kapasitas processor.

Processor memiliki dua type pin yaitu PGA (Pin Grid array)yaitu proceesor yang memiliki pin pada ic processor . processor PGA adalah type lama . type processor yang kedua adalah LGA (Line Grid Array) yaitu letak pin berada pada socket processor pada motherboard sehingga pemasangannya pun harus berhati hati. Type processor ini adalah pengeluaran terbaru dan memiliki kecepatan transfer lebih cepat dibanding PGA .

3 BAGIAN UTAMA PROCESSOR

Cpu adalah, Processor adalah, Central processor unit adalah, Bagian utama processor, 3 bagian utama processor, Alu adalah, MU adalah

CPU ( Central Processor Unit)  berfungsi sebagai pengatur lalu lintas data seperti input dan output. Unit inilah yang menjaga serta memberitahu unit masukan mengenai jenis data, waktu pemasukan, dan tempat penyimpanan didalam primary storage. Control unit juga bertugas memberitahu Aritcmatics Logical Unit (ALU) mengenai operasi yang harus dilakukan, tempat data yang diperoleh, dan letak hasil ditempatkan. Berkat adanya unit ini, segala perhitungan dan eksekusi data dapat dilakukan secara teratur, tanpa tumpang tindih antara perintah satu dengan lainnya.



ALU (Arithmatica Logical Unit) berfungsi sebagai perhitungan seluruh aritmatika (matematika) dan logika.


Untuk mengetahui Fungsi dan cara kerja ALU silahkan kunjungi 


Contoh Penghitungan aritmatika adalah penjumlahan,pengurangan,pembagian dan sebagainya yang berhubungan dengan perhitungan atau angka.  
Contoh Logika adalah Logika AND, OR, AND OR, XOR dan sebagainya, yang kemudian akan disimpan pada memori untuk sementara.

MU ( Memory unit ) berfungsi sebagai penyimpanan sementara sebuah perintah input maupun output  sebelum diproses dan dikeluarkan, MU memiliki kapasitas penyimpanan yang kecil namun memiliki kecepatan akses yang tinggi.

Demikian Artikel yang saya tulis mengenai 3 BAGIAN UTAMA PROCESSOR DAN FUNGSINYA dan anda bisa juga mengunjungi artike lainnya tentang GENERASI PROCESSOR  dan   PROCESSOR INTEL DAN GENERASINYA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar