Rabu, 22 Februari 2017

FUNGSI ALU ( ARITHMETIC LOGICAL UNIT ) DALAM ARITHMATIKA DAN LOGIKA

Pengertian ALU (Arithmatic Logic Unit) adalah, Fungsi ALU (Arithmatic Logical Unit) adalah


Pada artikel ini akan kembali membahas bagian dari processor . Dari setiap postingan yang membahas Processor selalu di bahas pengertian dari Processor sendiri sebagai tahap pengenalan sebelum membahas mengenai processornya sendiri namun untuk artikel ini admin tidaak akan menjelaskan pengertian processor tetapi admin akan membahas langsung mengenai 3 komponen utama Processor.

Processor memiliki 3 bagian utama yang sangat penting , 3 bagian utama processor adalah ALU (Arithmatic Logic Unit), CU (Central Unit ) dan MU ( Memory Unit ) . namun pada artikel ini admin hanya akan membahas tentang ALU (Arithmetic Logical Unit).


Baca artikel tentang  FUNGSI CONTROL UNIT DALAM CPU
Control Unit adalah salah satu unit dari Processor (CPU) yang memiliki fungsi mengontrol atau pengendali dari..............

Pengertian ALU (Arithmetic Logical Unit) - ALU (Arithmetic Logical Unit) adalah satu dari tiga komponen processor yang berfungsi melakukan operasi perhitungan aritmatika dan logika (Contoh operasi aritmatika adalah operasi penjumlahan dan pengurangan, sedangkan contoh operasi logika adalah logika AND dan OR.

Pengertian ALU (Arithmatic Logic Unit) adalah, Fungsi ALU (Arithmatic Logical Unit) adalah

ALU bekerja bersama sama dengan memory dan mendapat data dari register. Data atau hasil operasi perhitungan dan logika dari ALU akan disimpan dalam register tersendiri yaitu ALU output register, sebelum disimpan dalam memori. ALU bekerja dengan mengubah perintah kedalam bentuk Biner (0 dan 1), yang merepresentasikan instruksi yang akan dieksekusi (opcode) dan data yang diolah (operand). ALU biasanya menggunakan sistem bilangan biner two’s complement.

Rangkaian pada ALU (Arithmetic and Logic Unit) yang digunakan untuk menjumlahkan bilangan dinamakan dengan Adder. Adder digunakan untuk memproses operasi aritmetika, Adder juga disebut rangkaian kombinasional aritmatika.

 Ada 3 jenis adder:
1)    Rangkaian Adder dengan menjumlahkan dua bit disebut Half Adder.
2)    Rangkaian Adder dengan menjumlahkan tiga bit disebut Full Adder.

3)    Rangkain Adder dengan menjumlahkan banyak bit disebut Paralel Adder


Fungsi ALU (Arithmatic Logical Unit) - Fungsi ALU (Arithmatic Logical Unit) adalah untuk melakukan suatu proses data yang berbentuk angka dan logika, seperti data matematika dan statistika. ALU terdiri dari register-register untuk menyimpan informasi.Tugas utama dari ALU adalah melakukan perhitungan aritmatika (matematika) yang terjadi sesuai dengan instruksi program. Rangkaian pada ALU (Arithmetic and Logic Unit) yang digunakan untuk menjumlahkan bilangan dinamakan de padanya.


ALU terdiri dari dua bagian, yaitu unit arithmetika dan unit logika boolean, yang masing – masing memiliki spesifikasi dan tugas tersendiri. Fungsi-fungsi yang didefinisikan pada ALU adalah Add (penjumlahan), Addu (penjumlahan tidak bertanda), Sub (pengurangan), Subu (pengurangan tidak bertanda), and, or,xor, sll (shift left logical), srl (shift right logical), sra (shift right arithmetic), dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar