Rabu, 22 Februari 2017

JENIS DAN FUNGSI PERANGKAT INPUT OUTPUT KOMPUTER

Pengertian Input (perintah Masukan), Pengertian Output (perintah Keluaran), Jenis Perangkat Input, Jenis Perangkat Output.



Setiap user yang berhubungan dengan Komputer pasti ada yang melakukan masukan atau keluaran perintah atau data dalam bentuk print out maupun soft file.Pada artikel ini saya akan membahas mengenai fungsi dari Perangkat masukan atau perangkat keluaran perintah atau data  yang dikenal dengan nama perangkat Input Output (I/O).


PENGERTIAN INPUT (PERINTAH MASUKAN)

Pengertian Input (perintah Masukan), Pengertian Output (perintah Keluaran ), Jenis Perangkat Input, Jenis Perangkat Output.
Input adalah proses masukan atau proses memasukan data atau memberikan perintah kepada komputer dan akan diproses oleh processor. Perangkat yang digunakan untuk proses input adalah perangkat input yang berbetuk hardware atau perangkat keras (perangkat yang memiliki fisik).

JENIS PERANGKAT INPUT

KEYBOARD

Fungsi Keyboard sebagai perangkat inputan adalah ketika user mengetikan suatu perintah berupa angka, karakter,huruf dan symbol yang akan dibaca dan diproses oleh processor.

MOUSE

Fungsi Mouse sebagai perangkat inputan adalah ketika user memasukan perintah kepada komputer dalam bentuk pointer.

SCANNER

Fungsi Scanner sebagai perangkat inputan adalah ketika data dimasukan ke dalam scanner maka scanner akan memproses dan meng copy data tersebut menjadi soft file, prinsip kerja scanner sama seperti mesin foto copy namun hasil dari scanner dalam bentuk soft file.

BARCODE

Fungsi Barcode sebagai perangkat inputan adalah membaca code barang dan kode tersebut akan muncul di komputer.

JOISTICK

Berfungsi untuk penggerak karakter dalam sebuah game.

TOUCHPAD

Perangkat inputan yang prinsip kerjanya sama seperti mouse dan yang membedakan pada touchpad menggunakan jari tangan untuk menggerakan pointer.

WEBCAME
Webcame adalah Inputan yang dapat mengabadikan aktivitas atau gambar (merekam ). Perangkat keras Webcame terletak didalam laptop.

KAMERA DIGITAL

Fungsi inputan Kamera Digital sama seperti Webcame namun memiliki bentuk yang terpisah dari perangkat komputer maupun laptop sedangkan webcame letaknya menjadi satu dalam perangkat laptop.

LIGHT PEN

Light Pen adalah perangkat elektronik yang dapat berkerja dengan bersentuhan dengan layar monitor.

MICROPHONE / HEADPHONE

Fungsi inputan Microphone / Headphone adalah dapat merekam suara yang kemudian akan disimpan didalam memori. Selain dapat merekam dengan Microphone atau headphone user dapat melakukan percakapan atau mendengarkan musik atau suara.

PENGERTIAN OUTPUT (PERINTAH KELUARAN)

Output adalah proses keluaran data atau proses menampilkan data atau perintah yang dihasilkan oleh processor dalam bentuk informasi print out atau soft file. Dalam proses output membutuhkan perangkat output.

JENIS PERANGKAT OUTPUT

MONITOR

Monitor merupakan salah satu perangkat outputan yang berfungsi menampilkan gambar, text atau video agar dapat dibaca oleh user.

LCD PROYEKTOR

Salah satu Prinsip kerja perangkat outputan Lcd Proyektor memiliki kesamaan dengan monitor yaitu untuk menampilkan outputan namun pada Lcd proyektor membutuhkan media untuk menampilkan outputannya seperti media dinding.

PRINTER

Pada prinsipnya perangkat outputan printer memiliki fungsi yaitu mencetak outputan dari bentuk softfile menjadi outputan berupa kertas.

SPEAKER

Menampilkan outputan berupa suara yang terdengar lebih keras.

PLOTTER

Perangkat Outputan yang memiliki fungsi seperti printer yaitu plotter namun pada plotter output yang dicetak berupa gambar menjadi bentuk poster atau spanduk.

Demikian pembahasan artikel dari saya yang menjelaskan Jenis dan Fungsi perangkat Inputan dan perangkat Outputan. Semoga dapat menambah wawasan dan ilmu yang nermanfaat bagi pembaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar